Tune up sendiri avanza/xenia anda

Tahukah anda, kalau tune up di Auto2000 biayanya tinggi?

padahal Avanza atau Xenia sudah tidak perlu penyetelan klep lagi, jadi apanya yg di tune up?

Tune up 5000KM kira2 Rp.150ribuan
Tune up 10,000KM Rp.360ribuan

Mending kita kerjain sendiri .

Apa saja yg di harus dilakukan :
1. Bersihkan filter udara setiap 2000KM, bawa filter udara ke tukang tambal ban. Paling mahal kena biaya Rp.5000. Ganti filter udara tiap 20,000KM.
2. Bersihkan busi setiap 10,000 KM, ganti bila perlu. Untuk busi standar biasanya masa pakai mencapai 20,000KM. Kalau busi mahal lebih lama lagi.
3. Ganti oli+Filter oli tiap 5000KM untuk Avanza dibawah tahun 2005 dan xenia. Untuk Avanza 2005 pertengahan sudah dianjurkan ganti oli+filter tiap 10,000KM.
4. Ganti air radiator setiap 20,000KM.
5. Untuk oli gardan, perseneling, power steering dan minyak rem lihat dibuku manual.
6. Stel ulang CO tiap 10,000KM. Cari bengkel yg punya alat ukur emisi. Biaya sekitar Rp.30,000.
7. Bersihkan intake setiap 5000KM dengan intake cleaner yg banyak dijual ditoko aksesoris. Harga mulai Rp.50ribuan . Cara pakai baca dipetunjuk produk.

Jadwal Penggantian komponen mobil berdasarkan buku manual:
1. Oli mesin/ Saringan oli mesin : Setiap 10rb km / 6 bulan
2. Timing Belt (Khusus xenia 1.0 aja) : Setiap 80rb km
3. Air Pendingin Mesin (Coolant) : Setiap 40rb km / 2 tahun
4. Busi : Setiap 20rb km / 1 tahun
5. Saringan Bahan Bakar : Setiap 80rb km / 4 tahun
6. Minyak Rem : Setiap 40rb km / 2 tahun
7. Oli Gardan + transmisi : Setiap 20rbkm / 1 tahun
8. Suspensi : Cek setiap 20rb km

Tips Perawatan Mobil secara Umum:
1. Spooring dan Balancing
2. Tips Merawat ban mobil
3. Menjaga Warna Cat Mobil Agar Tidak Cepat Kusam

Pos ini dipublikasikan di otomotif dan tag , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Tune up sendiri avanza/xenia anda

  1. Day berkata:

    wah mahal juga ya harga tune up. pdhl sy ingin tune up mobil bekas corolla saya nih

  2. Hoed berkata:

    Lebih baik dibawa ke auto 2000 aja bos,dr pada nanti malah ada yg rusak.Bisa2 biayanya jd lbh besar…

    • Boh Wat berkata:

      saya serpis berkala dari beli sampai sekarang. tapi udah ngga lagi karena garansi udah abis.. percuma,
      padahal baru lewat 1 bulan gak diganti, radiator fan mati, km baru 50rb + magnetic clutch rusak dikenakan 2.3jt untuk magnetiknya aja gila broooo……
      mending bengkel lain murah meriah.. ikutin aja petunjuk dibukunya

      • ronald berkata:

        yupz btul tu gan…servis didealer mahal bgt mending servis diluar aj bahkan bila perlu servis sendiri aja asal tau caranya hehe…mobil gue aja dari pertama beli cuma 3x pertama aja servis didealer setelah itu selalu servis diluar dan sampe skrg udah 2 tahun Aman2 aja Gan =)

  3. temsi berkata:

    kalo blm tahu yg namanya busi, ya lebih baik ke bengkl

  4. Iskandar berkata:

    Bon kalo’ filter bensin kapan harus diganti ?.

  5. Biji berkata:

    Thanks for info…………

  6. cakra cinere berkata:

    Setel CO gimana caranya bro

  7. encang berkata:

    AH JADI PUSING ANE PUNYA AVANZA 2005 MAU KEMANA TUN UP YANG BAGUS MURAH MERIAH…

  8. Rudi Yanto berkata:

    di mandiri servis z

  9. Raditya berkata:

    sama ane aja sini gan, mekanik AI Daihastu nih.

  10. slam berkata:

    mobil saya avanza, saya mau melakukan sendiri untuk perawatan namun mohon petunjuk dimana jual alat untuk buka filter oli krn yang dipakai sekarang bukan dari timing belt namun kayak kunci sok… atas infonya trims

  11. Murray berkata:

    Good blog you have here.. It’s difficult to find good quality writing like yours these days. I really appreciate individuals like you! Take care!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s